"Riding a race bike is an art - a thing that you do because you feel something inside."

Saturday, March 1, 2014

MotoGP Flag Meaning

Pasti semua masih ingat kejadian di Philip Island 2013 lalu, dimana Marc Marquez dikibarkan bendera hitam. Ketika itu banyak yang bertanya - tanya. Apa? Bagaimana? Kenapa? Kok bisa? Ternyata banyak penikmat MotoGP yang belum tau arti - arti dari bendera yang dipegang marshall di pinggir track. Well, dibawah akan saya jelaskan.








- Bendera HITAM : DISKUALIFIKASI. DItunjukkan kepada pembalap bersamaan dengan papan yang menunjukkan nomor dan nama pembalap yang terkena diskualifikasi. Bendera ini tidak dikibarkan. Pembalap harus segera menghentikan balapannya dan kembali ke pit tanpa pilihan untuk bisa kembali ke track. Sebelum ditujukan ke pembalap, teamnya akan terlebih dahulu diberitahu.


- Bendera HITAM dengan bulatan ORANYE : Bendera ini menunjukkan kalau pembalap memiliki masalah dengan motornya, yang bisa membahayakan dirinya sendiri atau pembalap lainnya. Biasanya pembalap tidak sadar kalau motornya mengalami kebocoran mesin sehingga oli tercecer di track atau kepulan asap tidak wajar keluar dari knalpotnya.


- Bendera PUTIH : Bendera ini akan dikibarkan marshall ketika race yang tadinya dimulai sebagai dry race, kemudian hujan turun dengan debit air yang dapat dinyatakan untuk wet race. Ketika bendera ini dikibarkan, maka pembalap berhak untuk kembali ke pitbox untuk mengganti motornya dengan settingan untuk wet race. Tidak wajib, pembalap masih tetap diizinkan melanjutkan balapannya kalau dirasa motornya masih cukup mumpuni untuk melalui track basah.


- Bendera PUTIH dengan garis MERAH diagonal atau Bendera dengan garis KUNING dan MERAH diagonal : Ada hujan di bagian dimana bendera ini ditunjukkan. Terkadang hujan tidak merata di semua track. Kalau ditunjukkan berbarengan, artinya track basah di bagian tersebut.


- Bendera BIRU : Memiliki banyak tugas, ditunjukkan dengan cara dikibarkan. Ketika latihan bebas, pembalap yang ditunjukkan bendera ini harus segera membiarkan pembalap di belakangnya menyalip karena pembalap di belakang lebih cepat. Ketika Race, atinya pembalap akan dioverlap, dan dia harus memberikan jalan untuk pembalap dibelakangnya yang akan meng-overlap dia. Ketika pembalap akan keluar pit lane menuju track, dan ada traffic, atau ada pembalap dengan cepat menuju titik pertemuan keluar pit lane dan track maka bendera ini juga akan dikibarkan. Initnya, ada pembalap lebih cepat di belakang ente, minggir kalo ga mau mati.


- Bendera HITAM dan PUTIH kotak - kotak : Artinya balapan sudah selesai. Dikibarkan di garis start-finish. Pembalap yang pertama kali melihat bendera ini berkibar ketika dia melewati garis finish adalah pemenang balapan. Kecuali ada keputusan dari Race Direction apakah pembalap tersebut menyalahi aturan.


- Bendera KUNING : Banyak arti, apabila dikibarkan di tiap tiap garis start, artinya race akan ditunda dengan waktu yang belum ditentukan. Kalau dikibarkan di pos marshall di pinggir track, artinya ada bahaya / kecelakaan di depan, pembalap harus segera menurunkan kecepatan dan bersiap - siap untuk berhenti. Pada saat ini pembalap dilarang keras untuk menyalip pembalap di depannya sampai dengan bendera hijau dikibarkan. Bendera hijau akan dibahas nanti.

Hukuman untuk pembalap yang melanggar peraturan bendera kuning ini ketika practice atau kualifikasi adalah pembatalan catatn waktu pada saat kejadian atau lap tersebut. Pelanggaran ketika race adalah pembalap harus turun ke posisi yang ditentukan oleh panitia balapan ( Race Direction )

Pada saat race berakhir, ada namanya inspection lap, atau lap pendinginan sebelum pembalap kembali ke parc ferme atau pit box masing - masing, saat ini juga marshall di tiap - tiap pos harus mengibarkan bendera ini.


- Bendera MERAH dan LAMPU MERAH : Ketika jalannya balapan atau latihan terganggu masalah yang fatal, maka bendera merah akan dikibarkan bersamaan dengan dihidupkannya lampu merah yang berada di sekeliling track. Pembalap harus segera menurunkan kecepatannya dan kembali ke pit box masing - masing. Ketika semua pembalap sudah masuk ke pitbox dan pit lane ditutup, maka bendera ini akan ditunjukkan (tanpa dikibarkan) di pintu keluar pit lane dan lampu pit lane akan dinyalakan. Saat ini artinya pembalap dilarang keluar dari pit lane.


- Lampu MERAH : Berada di atas garis start/finish. Ketika dihidupkan artinya balapan akan segera dimulai. Pit Crew dan Umbrella Girl harus segera meninggalkan track. Ketika padam, maka pembalap diizinkan untuk segera ngacir.

Ketika Latihan atau Warm Up, lampu akan menyala ketika waktu sudah habis.


- Lampu HIJAU : Lampu ini akan menyala di pit lane exit untuk menunjukkan kalau sesi latihan bebas, latihan 1-2-3, test, warm up, kualifikasi, atau sighting lap dimulai. Saat ini pembalap diizinkan masuk ke track untuk segera memulai sesi.


- Bendera HIJAU : Menandakan kalau track sudah dibuka. Bendera ini akan ditunjukkan tanpa dikibarkan di masing - masing pos marshall di pinggir track menandakan kalau sesi latihan atau warm up memasuki lap pertama. Kalau ditunjukkan tanpa dikibarkan di jalur keluar pit lane, artinya track sudah bisa dimasuki oleh pembalap.

Bendera ini juga akan dikibarkan ketika bendera kuning sudah ditarik saat kecelakaan atau bahaya di bagian track tersebut sudah diatasi dan pembalap sudah diizinkan untuk menyalip pembalap lain.


Sekian, semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi dengan fungsi dan arti masing - masing flag di MotoGP.

Thank you.

No comments:

Post a Comment